top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Wajib Tahu, Ini Tipe-Tipe Rumah Paling Populer di Indonesia

Diperbarui: 4 Agu



Salah satu pertimbangan saat ingin membeli rumah tentunya adalah melihat berapa luas bangunan rumah tersebut. Sebab hal ini akan berpengaruh pada kenyamanan penghuni. Apalagi bila hunian tersebut direncanakan akan dihuni oleh banyak anggota keluarga.


Saat Anda ingin membeli rumah di Indonesia, Anda akan mendapati beberapa tipe rumah dengan berbagai tipe. Sedangkan tipe-tipe rumah yang paling populer atau sering ditemui di Indonesia adalah yang dibedakan berdasarkan luas bangunannya.


Agar Anda tak kebingungan memilih tempat tinggal sesuai kebutuhan, berikut telah kami rangkum beberapa tipe rumah paling populer di Indonesia.


1. Tipe 21/24

Tipe ini merupakan rumah dengan ukuran paling kecil yang ditawarkan oleh pengembang. Ukurannya sekitar 3x7 meter. Rumah tipe ini biasanya terdiri dari satu carport terbuka, dua kamar tidur, satu kamar mandi, satu ruangan multifungsi sebagai dapur dan ruang makan atau ruang keluarga.


Biasanya rumah ini dijadikan sebagai pilihan investasi dalam bentuk penyewaan tempat tingga. Sebab harga dan ukurannya lumayan terjangkau dan dianggap menguntungkan bila dijadikan sebagai ladang bisnis.


2. Tipe 36

Bila Anda baru saja berkeluarga, rumah tipe ini sangatlah cocok untuk kebutuhan hunian karena ukurannya yang tergolong pas. Luas bangunannya sekitar 36 meter persegi.


Rumah tipe 36 umumnya memiliki dua kamar tidur dan ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga atau dapur. Selain itu, kamar mandinya biasanya berada di tengah. Tepatnya berada di antara kamar tidur utama dan kamar tidur anak.


Tipe ini termasuk yang paling banyak dipasarkan karena dinilai sangat ideal dan bisa menyasar ke berbagai segmen pasar.


3. Tipe 45

Bila Anda ingin memiliki rumah bergaya minimalis, desain rumah tipe 45 akan menjadi opsi menarik. Sebab banyak pengembang yang menerima berbagai permintaan dalam membuat konsep desain rumah tipe ini.


Rumah tipe ini juga dianggap memberikan banyak manfaat untuk penghuninya. Salah satunya karena dinilai lebih fleksibel karena denah rumah minimalis tipe 45 sengaja dirancang secara sederhana, efisien, dan efektif.


Umumnya, rumah tipe 45 terdiri dari tiga kamar tidur dan dua kamar mandi. Ruang tamu dan keluarga bisa dijadikan sebagai spot favorit bersantai di akhir pekan. Untungnya lagi, tipe ini memungkinkan Anda untuk memiliki teras atau taman mini di depan rumah.


4. Tipe 60

Rumah tipe ini dinilai cukup ideal karena cocok untuk Anda yang tinggal sendiri, bersama pasangan ataupun yang sudah berkeluarga Luas rumah ini sekitar 60 meter persegi. Ukurannya memang tak terlalu besar, namun sering ditemui bahwa tipe ini memiliki ukuran yang berbeda-beda. Sebab ada beberapa hunian yang memiliki ukuran panjang dan lebar yang berbeda.


Rumah tipe 60 memiliki beberapa jenis rumah yang dipasarkan khususnya di Indonesia. Mulai dari 60/90, 60/72, dan 60/100. Untuk membaca ukuran rumah tersebut, Anda bisa menjadikan angka di depan sebagai luas bangunan dan angka di belakangnya sebagai luas tanah.


Untuk lebih mudah mengenali rumah tipe ini, biasanya ciri khas yang selalu ada adalah rumah tersebut memiliki gaya minimalis dengan desain interior dan eksterior yang menonjol.


5. Tipe 70

Rumah tipe ini memiliki luas bangunan 70 meter persegi. Ada dua jenis model dari tipe ini, bisa berupa rumah satu lantai atau dua lantai dengan luas bangunan yang sama, yaitu 70 meter persegi. Tipe ini terbilang sangat cocok untuk para milenial, sebab luas bangunannya cukup besar. Sehingga cocok untuk mereka yang memiliki jiwa eksplorasi tinggi. Rumah bertipe 70 ini juga cocok untuk dihuni lebih dari empat anggota keluarga, karena ukurannya yang cukup lapang. Selain itu, Anda juga memungkinkan untuk memiliki taman kecil di bagian belakang rumah.


6. Tipe 120

Tipe rumah satu ini sering ditemui di kawasan elite. Sebab tipe ini merupakan tipe rumah mewah. Dimensinya 10x12 meter atau 8x15 meter dan berdiri di atas tanah seluas 150 meter persegi. Biasanya rumah tipe 120 sering digarap oleh para pengembang yang terbiasa membangun perumahan mewah.


Harga tipe rumah ini lebih menyasar ke pasar menengah ke atas. Saat membangun rumah ini, spesifikasi material bangunan biasanya sudah sangat menyesuaikan pasar.


Biasanya, rumah bertipe 120 memiliki 3-4 kamar tidur, tiga kamar mandi, dapur, ruang makan, ruang keluarga, ruang tamu, beranda belakang, dan carport yang cukup untuk menampung dua mobil sekaligus.


Itulah beberapa tipe-tipe rumah paling populer di Indonesia. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memutuskan pembelian rumah. Bila Anda membutuhkan bantuan dan rekomendasi hunian dengan berbagai tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda, RelifeAsia hadir untuk memberikan jawaban dan solusi. Anda bisa kunjungi website kami di relifeasia.com untuk menemukan informasi lebih lengkap. Semoga bermanfaat!


5 tampilan
bottom of page